Label

Jumat, 02 Desember 2011

Supaya ilmu manfa'at

Semua umat di fardhukan untuk menuntut ilmu.Ilmu terbagi menjadi 2,ada ilmu agama dan ilmu umum.Sebisa mungkin kita berusaha mempelajari kedua ilmu itu,sebab keduanya menduduki peringkat yang sama,yakni sama-sama penting,tapi... yang lebih diutamakan haruslah ilmu agama...Sebab orang yang hanya mempelajari ilmu umum dan tidak mempelajari ilmu agama,diibaratkan sebagai orang yang buta.tidak bisa melihat baik buruk suatu tindakan pun perkataan,biasa bertindak sesuka hati tanpa menghiraukan dampak akhirnya ,kalaupun berjalan kecil kemungkinan untuk tidak terjatuh.
Sedangkan orang yang hanya mempelajari ilmu agama tanpa mempelajari ilmu umum,diibaratkan seperti orang pincang,yang tentu jalannya lambat dan tertatih,meski begitu masih lebih beruntung dibanding dengan orang yang buta..Tapiiiiii...masih lebih beruntung lagi orang yang mempelajari kedua ilmu tersebut.
Nah..supaya ilmu yang kita peroleh tidak sia-sia...ada banyak hal yang perlu kita perhatikan dalam menuntut ilmu....diantaranya..
  • Menghormati guru sekaligus orang tua
Guru,sebagai tauladan dan panutan haruslah kita hormati.Walau bagaimanapun tak terpungkiri bahwasanya peran seorang guru sangatlah penting.Tanpa kehadiran beliau,kita tidak bisa menimba ilmu.Istilah guru sebagai teman tidaklah salah,,karena guru bisa menjadi teman dikala kita mencari ilmu.namun,dikalangan kita,sebagian besar menyamakan keduukan antara guru dengan teman.Hal inijustru salah,bahkan salah besar,,karena walau bagaimanapun yang muda haruslah menghormati yang tua.Janganlah memperlakukan guru pula orang tua layaknya teman sebaya,sebab itu sangatlah tidak pantas.Kita kan sudah mendapat banyak ilmu,masa' gag bisa bersikap yang baik dan sopan..,padahal guru dan orang tua tak henti-hentinya mengajari sopan santun kepada kita..
  • Menghormati buku dan fasilitas belajar
Buku adalah sarana untuk mencari ilmu,ada baiknya jika kita memperlakukan buku dengan sebaik mungkin,dengan tidak menaruhnya disembarang tempat juga senantiasa menjaganya dari sesuatu yang membahayajkan,misalnya;api,air,kotoran,dll.karena buku menggantikan memori otak kita untuk menyimpan ilmu yang kita serap.
  • Menghargai waktu
Jika ketika bekerja,kita mengenal semboyan "Waktu adalah Uang.."yang mana disetiap berjalannya waktu,mengalir pula rupiah...Begitu pula ketika mencari ilmu,,hendaknya kita menerapkan semboyan "Waktu adalah Ilmu"...sebab disetiap detik terdapat ilmu-ilmu baru yang bermunculan tanpa sepengetahuan kita.Jadi,,kita haruslah memenfa'atkan waktu dengan sebaik mungkin.Ingat.."Waktu yang hilang,tak mungkin kembali...."so,,hargailah waktu.

Kita akan miris jika melihat orang yang berilmu,tapi ilmunya tidak bermanfa'at.Sekarang ini banyak kita jumpai para lulusan SMA tengah menjadi pengangguran.Sungguh rugi...disamping rugiakan uang dan waktu,kita juga rugi tenaga.maka..sia-sialah kita menuntut ilmu jikalau ilmu kita terbuang percuma.....

Tips Do'a Ilmu Manfa'at ......

Allahumma inni a'udzubika min 'ilmin laa yanfa',waqolbin laa yakhsya',wa'amalin laa yurfa',wadu'aain laayusma',wanafsin laa tasba'...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar